Senin, 17 Agustus 2015

MICE Indonesia


Industri pariwisata merupakan salah satu industri yang mendatangkan pemasukan besar bagi pemerintah.Industri pariwisata tidak hanya bergerak dalam sektor pleasure yang menawarkan wisata sebagai pengisi liburan, namun juga bergerak dalam sektor professional yang mampu menjadikan pariwisata sebagai sarana bisnis dan kegiatan professional lainnya.
Industri pariwisata yang bergerak di bidang professional ini biasa disebut MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition). Industri ini cukup diperhitungkan di beberapa negara maju seperti Singapura terlihat dengan diadakannya beberapa exhibition bertaraf internasional seperti Asia Pacific Resources, juga International Jewelry Exhibition yang mampu menghadirkan 20.000 pengunjung dari seluruh penjuru dunia.
Sedangkan perkembangan MICE di Indonesia sendiri tidak terlihat begitu mengesankan.Walaupun sudah cukup banyak konferensi dan pertemuan internasional yang diadakan di berbagai wilayah yang memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan, namun itu tidak dinilai berhasil memberikan kesan “internasional” karena dalam kenyataannya pameran-pameran tersebut lebih banyak dikunjungi oleh pengunjung domestik.
Pariwisata di Indonesia sendiri merupakan sektor yang sangat menjanjikan dan mampu menjadi pemberi devisa tertinggi keempat pada tahun 2010 dengan nilai sebesar US$ 7,603.45 juta.Dengan potensi pariwisata yang menjanjikan dan beragam, cukup mengherankan bagaimana Indonesia bisa kalah dalam mengembangkan industri MICE dibandingkan dengan Singapura yang notabene memiliki potensi lebih rendah.Untuk itu, paper ini selanjutnya akan menjelaskan lebih lanjut strategi pariwisata kedua negara melalui exhibition.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar